✔ Wajib Baca..!!! 5 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android

PanduanHape.com - Wajib Baca..!!! 5 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android. Pernahkah sobat mengalami insiden ponsel-nya hanya menampilkan logo ketika dinyalakan? Jika iya pastinya sobat kaget dan was-was, pasalnya ponsel satu-satunya yang gunakan dalam beraktifitas entah itu membuka sosial media atau pun menelpon kerabat serta urusan kantor.

 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android ✔ Wajib Baca..!!! 5 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android

Baca juga : Cari Tau: Apa itu Root Serta Apa Fungsi dan Kegunaannya Pada Smartphone Android

Bahkan sanggup jadi sobat pernah menemui ponselnya selalu restart sendiri ketika dinyalakan dan tidak sanggup masuk di sajian Utama. Tahukah sobat bahwa itu namanya bootloop?? Namun sebelum itu terjadi ada baiknya sobat memahami kenapa hal tersebut sanggup terjadi.

Apa yang Menyebabkan Ponsel Android Bootloop


Nah, sempurna diartikel ini admin akan mencoba menunjukkan gosip sepengetahuan admin, kalau sobat punya pendapat lain sertakan saja di kolom komentar ya sob, semoga teman-teman yang lainnya juga mengetahuinya. Ok, berikut penyebab hingga terjadinya bootloop pada ponsel Android :

1. Flashing custom ROM


Sobat tentunya pernah mendengar yang namanya flashing, kalau belum familiar dengan kata tersebut maka mungkin sobat pernah mendengar yang namanya dengan software ulang (install ulang). Nah, di poin pertama ini ponsel sobat sanggup bootloop karena hal-hal sepele yang kurang di perhatikan ketika pemasangan ROM baru.

Hal tersebut biasanya terjadi sebab salah dalam menentukan ROM atau type ponsel yang akan di flashing tidak sama dengan ROM yang di gunakan. Bootloop juga kadang terjadi sebab tidak melaksanakan dalvik-cache dalam artian tidak menghapus data-data system usang ketika pemasangan system gres ke ponsel kalian.

Jadi, kalau kalian tidak jago dalam mengoprek-oprek ponselnya sebaiknya jangan melaksanakan hal tersebut sebab sanggup jadi sobat akan sedikit kebingungan kalau ponsel satu-satunya lagi bermasalah.

2. Instal MOD


Terkadang para pengguna Android tidak puas dengan interface bawaan system vendor smartphone. Terkandang para user sebab tidak puas dengan tampilan yang biasa-biasa saja maka mereka melaksanakan modifikasi dalam hal mengistal MOD.

Setelah mereka mengistall MOD tersebut tanpa mengetahui dampaknya maka sanggup jadi ponsel sobat menjadi bootloop. Hal tersebut biasanya terjadi sebab sytem Android yang anda gunakan tidak komptibel dengan MOD yang sobat pasang di system Android yang sobat punya.

3. Salah mengatur permission


Seperti yang telah sobat ketahui bahwa system Android sangat bergantung kepada sistem permission/ perizinan sesuai yang semestinya. Namun, apabila sobat mengabaikan ataupun salah mengatur dalam perizinan pada system Android bukan mustahil ponsel sobat akan mengalami bootloop.

4. Melakukan Flashing tanpa Unlock Bootloader (UBL)


Di poin ke empat ini sangat-sangat sering terjadi sebab kadang diatara para pengguna Android yang sudah was-was/tidak sabar ingin mengupgrade ke versi diatasnya tanpa memperhatikan hal-hal yang mungkin sanggup saja terjadi (bootloop) kalau mengupgradenya dengan cepat tanpa memenuhi dulu persyaratan yang di rekomendasikan.

Sebenarnya kalau di upgrade secara OTA (On The Air) tidak akan menyebabkan hal tersebut, namaun kalau sobat mengupgradenya dengan melaksanakan Flashing via laptop / PC tanpa melaksanakan UBL maka sanggup di pastikan ponsel sobat akan bootloop.

Baca : Begini Cara Meng-Update Via OTA (Over The Air) di Ponsel Android One (Tested: Xiaomi MI A1)

Tanpa UBL pun biasanya tidak bootloop sebab memang ada sebahagian posel yang sanggup di flashing tanpa melaksanakan UBL (Unlock Boot Loader) terlebih dahulu. Namun di sini merekomendasikan sebaiknya kalau garansinya sudah berlalu segera lakukan UBL pada ponsel sobat.

5. Ponsel Terlalu di Paksa


Di poin kelima yang sering terjadi adalah sebab ponselnya di paksa untuk melaksanakan aktifitas yang tidak seharusnya di bawa. Ini terjadi sebab makin kesini makin berat suatu aplikasi untuk di jalankan. Makara hal tersebut sanggup jadi membebani kinerja hardware pada ponsel Android sobat.

Jika hal tersebut terus-terusan dilakukan bukan mustahil ponsel sobat sanggup mengalami bootloop. Makara kalau ponsel sobat terbilang ponsel yang jadul, atau sudah usang di gunakan ada baiknya gunakan saja seperlunya dan jangan menyimpan terlalu banyak file di ponselnya..!!

Penutup


Jika sobat tidak cerdik dalam mengoprek-oprek Android sebaiknya hindari hal-hal diatas yang sanggup menyebabkan posel sobat bootloop (tidak sanggup di gunakan). Sebaiknya jadilah user yang puas akan kinerja ponsel sobat.

Jika ingin memodifikasi interface, segeralah ganti ponsel sobat ke versi yang terbaru kalau dana sudah mencukupi sebab admin rasa itu akan lebih baik.

OK, mungkin hingga disini artikel tenntang Wajib Baca..!!! 5 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android yang sanggup admin bagikan, semoga ada manfaatnya. Akhir kata hingga ketemu diartikel selanjutnya...!!! See You Next Time..!!!

Belum ada Komentar untuk "✔ Wajib Baca..!!! 5 Penyebab Bootloop Pada Smartphone Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel